Selasa, 21 Oktober 2014

Alasa Hidup Di Kota Besar

Kehidupan kota besar dengan segala hiruk pikuknya masih menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian masyarakat sebagai tempat mereka bermukim.  Banyak orang  menganggap alasan utama seseorang atau kelompok pindah dari daerah ke kota karena adanya dorongan ekonomi, seperti kesempatan atau lapangan pekerjaan dengan upah yang lebih besar. Nyatanya, faktor tersebut bukanlah satu-satunya alasan mereka untuk memilih kehidupan kota.

Orang-orang dari daerah pindah ke kota besar sudah menjadi  fenomena lumrah dengan alasan-alasan yang berbeda satu dengan lainnya, tergantung pada kepentingan individu tersebut. Berikut beberapa alasan menarik mengapa seseorang memilih untuk hidup di kota besar. Sebagian ide tulisan ini merupakan buah saduran dari artikel di Fast Company.

1. Makanan

Kebiasaan makan di luar sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi masyarakat kota. Hal tersebut dibuktikan dengan menjamurnya restoran dan kafe.   Mereka yang hidup di perkotaan merasakan kemudahan untuk mencari makanan yang memiliki banyak varian menu. Selama memiliki  uang cukup, mereka dapat mencari makanan apa saja yang mereka inginkan mulai dari makanan khas daerah  hingga makanan khas dari berbagai negara di dunia.

2. Kemudahan Transportasi

Meskipun keluhan masyarakat atas kemacetan di perkotaan sudah sering kita dengar maupun kita rasakan sendiri, Tetapi, mengapa orang-orang tersebut masih betah tinggal di kota? Jawaban atas pertanyaan ini mungkin berbeda bagi setiap orang. Namun, ketika dibandingkan dengan kehidupan di daerah, transportasi publik lebih mudah diakses oleh mereka yang hidup di kota besar. Dengan tingkat lalu lalang yang besar, transportasi publik selalu ada dengan akses pengisian bahan bakar yang tersebar di banyak titik.

3. Kemajuan Teknologi

Perkembangan teknologi tampak kentara di kota-kota besar. Dengan pekerjaan yang padat, mobilitas yang tinggi serta berpacu dengan waktu, orang-orang di kota besar lebih banyak memanfaatkan teknologi untuk memudahkan urusan mereka. Daya beli mereka dengan teknologi terbaru juga masih sangat besar dibandingkan mereka yang hidup di daerah.

4. Keberagaman Budaya

Setiap orang dari berbagai daerah di Indonesia maupun di dunia dengan segala perbedaan ras, budaya, agama, kebiasaan dan bahasanya hadir di kota-kota besar. Tingkat toleransi mereka yang tinggal di kota besar lebih besar dibandingkan mereka yang tinggal di daerah. Alasannya,  jika masyarakat kota tidak dapat menerima perbedaan tersebut, dapat dipastikan mereka tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kehidupan bermasyarakat di daerah cenderung lebih erat dan mendalam. Sistem kekerabatan mereka masih tinggi hal ini berbanding balik dengan kehidupan di kota di mana mereka lebih mandiri.

5. Hiburan

Mereka yang hidup di kota besar memang memiliki tingkat stres yang tinggi tetapi akses mereka untuk mendapatkan hiburan lebih mudah. Bioskop, konser musik, festival, game station, teater, shopping centre, taman rekreasi, water boom, kebun binatang, pameran, kota tua, museum,  dan masih banyak lagi dapat dengan mudah ditemukan. Meskipun demikian, destinasi wisata alam kebanyakan masih berada di daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar